Kamis, 06 Mei 2010

SISTEM DIGITAL

BAB 1

GERBANG DASAR AND DAN OR






Dasar teori

Seluruh percobaan di dalam praktikum system digital menggunakan peralatan digital trainer NX-4 Plus. Peralatan ini mempunyai bagian utama berupa bread broad, penampil 7 segmen, saklar dan LED. Rangkaian digital yang akan di praktekkan dirangkai pada bread board. Alat inputnya berupa saklar dan output ditampilkan dalam penampil 7 segmen dan LED.

Gerbang (gate) adalah suatu rangkaian logika dengan satu keluaran dan satu atau beberapa masukan. Sinyal keluaran hanya terjadi untuk kombinasi sinyal masukan tertentu yaitu berupa tegangan yang mempresentasikan bilangan biner 0 (0V) dan 1 (1 atau 5V)

Gerbang AND akan menghasilkan output 1(nilai Y = 1) jika kedua input (A dan B) bernilai 1 (lihat pada kebenaran gerbang AND)

A

B

Y

0

0

0

0

1

0

1

0

0

1

1

1

Gerbang OR akan menghasilkan output 0 (nilai Y = 0) jika kedua input (A dan B) bernilai 0 (lihat pada table kebenaran gerbang OR)

A

B

Y

0

0

0

0

1

1

1

0

1

1

1

1

Rangkaian Percobaan

Gerbang AND

Dalam praktikum kali ini, kita menggunakan IC 7408 untuk melakukan percobaan gerbang AND.

Contoh IC 7408 :











Dalam IC 7408 memiliki 4 gerbang AND.

Contoh rangkaian :











Misal kita menggunakan gerbang 1, bila kita memasukkan logic true pada 1A dan 1B, maka output yang keluar pada 1Y akan true, sehingga lampu akan menyala. Tapi bila ada salah sat

u inputan atau keduanya bernilai false maka outputnya false dan lampu tidak akan menyala. Begitu pula dengan gerbang 2, 3 , dan 4.

Gerbang OR

Dalam melakukan percobaan gerbang FOR, kita menggunakan IC 7432.

Contoh IC 7432 :











Dalam IC ini memiliki 4 gerbang OR.

Contoh rangkaian :












Misal kita menggunakan gerbang 1, bila kita memasukkan logic true pada salah satu inputan maka output yang keluar pada 1Y akan true, sehingga lampu akan menyala. Tapi bila kedua inputan bernilai false maka outputnya false dan lampu tidak akan menyala. Begitu pula dengan gerbang 2, 3 , dan 4.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil percobaan dalam praktikum maka dapat disimpulkan bahwa :

Untuk IC 7408 (gerbang AND)

Hasil akan True jika kedua inputan bernilai True, selain itu hasil akan bernilai False.

Sedangkan untuk IC 7432 (gerbang FOR)

Hasil akan False jika kedua inputan bernilai False, selain itu hasil akan bernilai true

Tidak ada komentar:

Posting Komentar